INTER PROFESSIONAL EDUCATION/IPE
Dr. Fauzi 'Arasj, S.KM, M.Kes
Pengertian dari Inter
Professional Education/IPE pada dasarnya adalah ketika dua orang profesional
atau lebih, bekerja secara bersama (kolaborasi) secara efektif untuk meningkatkan output pelayanan
kesehatan, dengan cara setiap individu yang ada didalam tim harus dapat
memahami bagaimana cara bekerja didalam sebuah tim secara profesional, hal ini
merupakan langkah kunci dalam menggerakkan sistem kesehatan dari yang fragmented/berdiri sendiri sendiri
menjadi posisi yang lebih kuat.
[1] Menurut JEAN YAN, RN (et all) mengatakan bahwa salah satu cara inovatif yang
dilakukan untuk menjawab tantangan pekerjaan bidang kesehatan secara global
adalah dengan melakukan pekerjaan
secara Interprofessional Education and Collaborative Practice. Bekerja
bersama sama untuk penanggulangan masalah kesehatan merupakan pekerjaan yang
terbaik yang pernah ada.[2] Sementara itu John H.V.Gilbert (2010) dari Canada
Interprofessional Health collaborative Practice (IPE-CP) menyatakan bahwa
tujuan dari interprofessional education and collaborative practice IPE-CP adalah
untuk menyediakan tenaga kesehatan yang profesional untuk dapat meningkatkan
outcome kesehatan. IPE-CP terjadi ketika
antara peserta didik, praktisi, pasien/klien dan keluarga serta masyarakat dapat
memelihara hubungan kerja inter profesional yang memungkinkan untuk
mengoptimalkan capaian hasil rogram kesehatan. IPE sendiri merupakan suatu
proses dimana sekelompok orang yang berbeda profesi dapat bekerja secara
bersama (collaborative) untuk menanggulangi masalah kesehatan, sedangkan IPC
lebih banyak dimasukkan kedalam pendidikan dan model praktik kesehatan yang
profesional. [3] Menurur Jody Stone
(2009), IPE adalah jika dua orang profesional atau lebih melakukan pengamatan,
bekerja secara bersama-sama untuk meningkatkan pelayanan (care) kesehatan. WHO
sendiri mendukung penggunaan istilah praktek inter profesional ini sebagai
istilah yang meliputi perilaku yang diinginkan yang dihasilkan dari belajar
interprofessional.[4]
Sedangkan menurut Carl Bryce (2003), IPE digambarkan sebagai bentuk pelatihan
kesehatan setiap individu dalam tim menyadari peran mereka masing masing untuk
berkontribusi dalam pencapaian tujuan, seperti dalam uji klinis yang dilakukan,
dimana setiap individu dalam tim melakukan tugasnya masing masing secara
profesional sehingga dapat meningkatkan hasil intervensi secara lebih baik
dibanding dengan hanya dilakukan oleh satu orang profesional saja.[5] Pengembangan dan
penerapan praktek kolaboratif interprofessional dan kompetensi
interprofessional, sangat penting untuk meningkatkan kualitas kerja dan
perawatan terhadap pasien / klien yang
terbaik dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan.[6] Pada dasarnya IPE-CP lebih fokus pelaksanaan kegiatanyya kepada pasien (Patient Centered Care)
Melihat kepada dampak positif yang dihasilkan, maka American Assocation of
Collage of Nursing telah memasukkan Interprofessional Collaboration Behavioral
Expectation sebagai suatu yang essensial kedalam kurikulm baccalaureate mereka
pada tahun 2008, kedalam kurikulum masternya tahun 2011 dan kedalam kurikulum
pendidikan doktornya pada tahun 2006. [7] Menurut Maggie
Clifton (2016) Interprofessional training and education secara nyata dapat
meningkatkan kapasitas dan kapabilitas
pekerja kesehatan dan sosial untuk bekerja secara efektif melampai batas
batas yang ada. [8]
[1] World Health Organization (WHO). (2010). Framework for action
on/interprofessional education & collaborative practice. Geneva: World
Health Organization. http://whqlibdoc.who.int/hq/2010/WHO_HRH_HPN_10.3_eng.pdf
[2] JEAN YAN, RN; JOHN H. V. GILBERT; STEVEN J. HOFFMAN; World Health
Organization Study Group on
Interprofessional
Education and Collaborative Practice. Department of Human Resources for Health
World
Health Organization, Avenue Appia 20, 1211 Geneva 27, Switzerland
[3] John H.V.Gilbert, Canadian Interprofessional Health
Collaborative/CIHCPIS. Vancouver, 2010.
[4] Jody Stone.
IPCP,Definition and Terminology. National Library Australia, 2009
[5] Carl Bryce. Institute of Medicine. Health Professions Education: A Bridge to Quality.
Washington, DC: National Academy Press; 2003
[6]Interprofessional Learning, Education and
Practice Policy. ACT Health.DGD 14-0117, 2014
[7] Core Competencies for
Interprofessional Collaborative Practice , Report
of an Expert Panel. Washinton, DC, May, 2011,
[8]
Maggie Clifton; Colin Dale; Chris Bradshaw. The Impact and effectiveness of
interprofessional Education in Primary
care. Royal Collage of Nursing, London, 2016
Komentar
Posting Komentar