INTER PROFESSIONAL EDUCATION/IPE
Dr. Fauzi 'Arasj, S.KM, M.Kes


Pengertian dari Inter Professional Education/IPE pada dasarnya adalah ketika dua orang profesional atau lebih, bekerja secara bersama (kolaborasi) secara efektif  untuk meningkatkan output pelayanan kesehatan, dengan cara setiap individu yang ada didalam tim harus dapat memahami bagaimana cara bekerja didalam sebuah tim secara profesional, hal ini merupakan langkah kunci dalam menggerakkan sistem kesehatan  dari yang fragmented/berdiri sendiri sendiri menjadi posisi yang lebih kuat.
Hasil gambar untuk interprofessional education

[1] Menurut JEAN YAN, RN (et all) mengatakan bahwa salah satu cara inovatif yang dilakukan untuk menjawab tantangan pekerjaan bidang kesehatan secara global adalah dengan melakukan pekerjaan secara Interprofessional Education and Collaborative Practice. Bekerja bersama sama untuk penanggulangan masalah kesehatan merupakan pekerjaan yang terbaik yang pernah ada.[2] Sementara itu John H.V.Gilbert (2010) dari Canada Interprofessional Health collaborative Practice (IPE-CP) menyatakan bahwa tujuan dari interprofessional education and collaborative practice IPE-CP adalah untuk menyediakan tenaga kesehatan yang profesional untuk dapat meningkatkan outcome kesehatan.  IPE-CP terjadi ketika antara peserta didik, praktisi, pasien/klien dan keluarga serta masyarakat dapat memelihara hubungan kerja inter profesional yang memungkinkan untuk mengoptimalkan capaian hasil rogram kesehatan. IPE sendiri merupakan suatu proses dimana sekelompok orang yang berbeda profesi dapat bekerja secara bersama (collaborative) untuk menanggulangi masalah kesehatan, sedangkan IPC lebih banyak dimasukkan kedalam pendidikan dan model praktik kesehatan yang profesional. [3] Menurur Jody Stone (2009), IPE adalah jika dua orang profesional atau lebih melakukan pengamatan, bekerja secara bersama-sama untuk meningkatkan pelayanan (care) kesehatan. WHO sendiri mendukung penggunaan istilah praktek inter profesional ini sebagai istilah yang meliputi perilaku yang diinginkan yang dihasilkan dari belajar interprofessional.[4] Sedangkan menurut Carl Bryce (2003), IPE digambarkan sebagai bentuk pelatihan kesehatan setiap individu dalam tim menyadari peran mereka masing masing untuk berkontribusi dalam pencapaian tujuan, seperti dalam uji klinis yang dilakukan, dimana setiap individu dalam tim melakukan tugasnya masing masing secara profesional sehingga dapat meningkatkan hasil intervensi secara lebih baik dibanding dengan hanya dilakukan oleh satu orang profesional saja.[5] Pengembangan dan penerapan praktek kolaboratif interprofessional dan kompetensi interprofessional, sangat penting untuk meningkatkan kualitas kerja dan perawatan terhadap pasien  / klien yang terbaik dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan.[6]  Pada dasarnya IPE-CP lebih fokus pelaksanaan kegiatanyya kepada pasien (Patient Centered Care)

Hasil gambar untuk interprofessional education


Melihat kepada dampak positif yang dihasilkan, maka American Assocation of Collage of Nursing telah memasukkan Interprofessional Collaboration Behavioral Expectation sebagai suatu yang essensial kedalam kurikulm baccalaureate mereka pada tahun 2008, kedalam kurikulum masternya tahun 2011 dan kedalam kurikulum pendidikan doktornya  pada tahun 2006. [7] Menurut Maggie Clifton (2016) Interprofessional training and education secara nyata dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas  pekerja kesehatan dan sosial untuk bekerja secara efektif melampai batas batas yang ada. [8]
 

Hasil gambar untuk interpersonal education


[1] World Health Organization (WHO). (2010). Framework for action on/interprofessional education & collaborative practice. Geneva: World Health Organization. http://whqlibdoc.who.int/hq/2010/WHO_HRH_HPN_10.3_eng.pdf
[2] JEAN YAN, RN; JOHN H. V. GILBERT; STEVEN J. HOFFMAN; World Health Organization Study Group on
Interprofessional Education and Collaborative Practice. Department of Human Resources for Health
World Health Organization, Avenue Appia 20, 1211 Geneva 27, Switzerland
[3] John H.V.Gilbert, Canadian Interprofessional Health Collaborative/CIHCPIS. Vancouver, 2010.
[4] Jody Stone. IPCP,Definition and Terminology. National Library Australia, 2009
[5] Carl Bryce. Institute of Medicine. Health Professions Education: A Bridge to Quality. Washington, DC: National Academy Press; 2003
[6]Interprofessional Learning, Education and Practice Policy. ACT Health.DGD 14-0117, 2014
[7] Core Competencies for Interprofessional Collaborative Practice , Report of an Expert Panel. Washinton, DC, May, 2011,
[8] Maggie Clifton; Colin Dale; Chris Bradshaw. The Impact and effectiveness of interprofessional Education in Primary  care. Royal Collage of Nursing, London, 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengukuran Status Gizi (PSG) Bag 4: Pengukuran LILA

Penentuan Status Gizi (PSG) -Bag.2

Penentuan Status Gizi (PSG) -Bag.1